Walikota Bontang Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 ( Jadikan Pancasila Sebagai landasan Kerja Untuk Mencapai Prestasi Bangsa )

(Bontang, 01 Oktober 2018) Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Kota Bontang dilaksanakan dihalaman Kantor Walikota Bontang Jl.Moeh Roem Kelurahan Bontang Lestari  yang dipimpin oleh Walikota Bontang Neni Moerniaeni. Senin ( 01/1) pagi tadi.

Tema  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 ini adalah “Pancasila sebagai Landasan kerja mencapai prestasi bangsa”. Dengan tujuan agar Pancasila sebagai dasar negara dapat mempersatukan Bangsa dan Negara secara utuh, memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik dimasyarakat, sehingga masyarakat semakin dewasa dalam aspek kehidupan terutama dalam dunia kerja untuk mencapai prestasi bangsa. Dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila, diharapkan akan memperkokoh kesatuan dan persatuan, menuju bangsa Indonesia yang berkarakter.

Hal tersebut disampaikan Walikota Bontang Neni Moerniaeni yang bertindak selaku Inspektur Upacara dalam pidato sambutannya “Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah momen untuk kembali menggugah diri kita untuk terus mengimplementasikan Pancasila sebagai Dasar negara dengan 5 Sila yang menjadi pedoman seluruh Rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, jadikan Pancasila sebagai landasan kerja untuk mencapai prestasi Bangsa” demikian pesannya.

Dijelaskan pula olehnya bahwa Upacara ini merupakan wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan Pancasila, dan mengenang kembali pengorbanan para pahlawan revolusi, Untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi falsafah negara yang menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera, sehingga dalam mengambil kebijakan harus sesuai dengan yang tertuang dalam pancasila, untuk mengarahkan pada keadilan dan menghargai antar umat beragama, "kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat dan kerja nyata untuk kemajuan bangsa sebagai bentuk mengamalkan pancasila,"demikian imbuhnya.

Upacara yang dilaksanakan berdasarkan Keppres RI Nomor 153 Tahun 1967 tentang Penetapan Tanggal 1 Oktober sebagai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini berlangsung khidmat dan dihadiri oleh Jajaran Pejabat Eselon Pemerintah Kota Bontang, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Instansi Vertikal, Anggota DPRD Bontang, Anggota TNI, Anggota POLRI, Ormas, dan Pelajar di Kota Bontang.

PPID Kota Bontang