Wali Kota Bontang Buka Sosialisasi dan Penginputan Data LKIP melalui E-SAKIP, Neni Sampaikan 7 Rekomendasi

(Bontang, 06 September 2018). Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og membuka kegiatan  Sosialisasi dan Penginputan Data LKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Tahun 2017 dan 2018 pada Aplikasi E-SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Kota Bontang di Auditorium Taman 3 Dimensi, jalan Awang Long Nomor 1 Bontang Utara, Kamis (6/8) pagi.

Kegiatan yang digagas oleh Bagian Organisasi Sekretariat Kota Bontang bersama Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bontang tersebut akan berlangsung selama 2 hari berturut – turut, dengan tujuan untuk mensosialisasikan sekaligus penginputan data LKIP 2017 – 2018 yang merupakan sasaran indikator kinerja yang wajib dicapai oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang sehingga komitmen pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dapat terwujud dengan baik dan memperbaiki laporan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bontang.

Dalam arahannya, Wali Kota Bontang menyebut hasil SAKIP Kota Bontang telah mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir dengan mendapatkan nilai B, bahkan pada 2017 lalu mendapat nilai 65,10. Melihat hasil tersebut, Neni memberi 7 rekomendasi yang perlu diperbaiki bagi setiap penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah, baik dari SAKIP perangkat daerah maupun Pemkot Bontang.

Pertama, melakukan penyempurnaan Indikator Kinerja Utama (IKU) PD yang sesuai dengan IKU Pemkot Bontang terbaru dan mengupayakan revisi  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) sehingga sasaran dan indikator kinerja selaras dengan IKU Kota Bontang. Kedua, memastikan pengajuan perencanaan didasarkan pada dokumen perencanaan kinerja, program dan kegiatan yang diusulkan mengacu pada upaya pencapaian sasaran yang ditetapkan dalam dokumen perencanaan kinerja. Ketiga, membangun budaya kinerja dengan menyelaraskan ukuran kinerja, proses bisnis kompetensi pegawai serta mekanisme Monitoring Evaluasi (Monev) kinerja berkelanjutan. Keempat, melakukan penyempurnaan IKU mulai level PD sampai dengan indikator kinerja dilevel Eselon III dan IV, sehingga ada keselarasan dalam penjabaran kinerja dari level Pemkot Bontang sampai kepegawai. Kelima, melakukan review terhadap program, kegiatan, dan komponen anggaran mengacu pada penyempurnaan Indikator Kinerja Individu (IKI). Keenam, menguatkan aplikasi manajemen kinerja sebagai sarana monitoring dan evaluasi oleh pimpinan dan sebagai dasar pemberian reward and punishment. Ketujuh, memerintahkan kepala Inspektorat untuk meningkatkan kualitas evaluasi akuntabilitas kinerja perangkat daerah kedepan, serta kepada Bapelitbang dan para penanggung jawab program.

“Saya tekankan bahwa sosialisasi sekaligus penginputan data LAKIP ini sangat penting dan saya harap dapat diikuti secara serius karena kita dituntut untuk terus berkembang dan meningkatkan kinerja termasuk pengembangan teknologi informasi dengan menggunakan sistem/aplikasi yang dapat mempermudah proses pelaksanaan pekerjaan,” tegas Neni.

Selain itu, Neni pun menghimbau kepada seluruh Kepala OPD untuk berkomitmen dan mensupport kinerja bawahan dengan aktif melakukan Monev capaian kinerja baik realisasi fisik maupun keuangan agar target yang ditetapkan dapat tercapai sesuai dengan waktu dan biaya yang ditetapkan.

Sementara itu, Kadiskominfotik Drs. Dasuki, M.Si menyampaikan bahwa pemerintah saat ini telah memasuki era digitalisasi yang berdampak pada peningkatan partisipasi dari masyarakat terhadap kinerja pemerintah melalui media digital. Untuk itu, lanjutnya, pelayanan kepada kepada masyarakat akan berbasis online.

“Ayo kita hadir, sadar bahwa kita masuk pada era digitalisasi berketuhanan, bapak ibu sudah tidak bisa main – main lagi penyelengaraan pemerintah kita sudah seperti akuarium, semuanya bisa lihat,” ungkap Dasuki.

Sosialisasi tersebut turut dihadiri Asisten Administrasi Pemerintahan Drs. H.M. Bahri, M.Ap, Asisten Administrasi Umum Ir. Hj. Sarifah Nurul Hidayati, M.M, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bontang beserta staf yang membidangi Perencanaan dan Keuangan dimasing – masing OPD.

PPID Kota Bontang