Gelar Rakor Bersama BPS, Dasuki Himbau Sinkronisasi dan Tindak Lanjut Data

(Bontang, 05 September 2018). Kadis Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bontang, Drs. Dasuki, M.Si menghimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mensinkronisasikan dan menindak lanjuti terkait data statistik yang telah dipresentasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang sebagi acuan dalam membentuk program unggulan pembangunan Kota Bontang, Selasa (5/9) pagi.

“Ada dua yang saya ingin dapatkan dari forum ini, yang pertama tentu sinkronisasi data, tadi telah disampaikan Pak Basiran (Kepala BPS Kota Bontang) masih ada data yang kosong tolong dikroscek. Yang kedua adalah tindak lanjut data,  tadi yang disampaikan pak Asisten II (Ir. Zulkifli, MT) terkait dengan reaksi kedepan,” pungkas Dasuki dalam Rapat Koordinasi (Rakor) diruang rapat Wali Kota Bontang.

Dikesempatan itu pula, Dasuki merunutkan alur Diskominfotik sebagai OPD yang berwenang mengolah statistik Kota Bontang.

“Sekarang pak Asisten II (Ir. Zulkifli, MT) kami melapor, sepertinya masih ada persoalan tentang otoritas kelembagaan. Kalau ini tidak clear, maka statistik di Bontang tidak akan pernah jalan,” terang Dasuki.

“Di Undang – Undang 16 Tahun 1997 Tentang Statistik, itu mengamanahkan ada dua , yaitu statistik dasar dan statistik sektoral. Kemudian di Undang – Undang 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, statistik sektoral itu ada di perangkat daerah. Oleh karena itu, pemerintah daerah membentuk Perda, sehingga muncul lah Diskominfotik,” sambungnya.

Dalam Rakor tersebut, Kepala BPS Kota Bontang Basiran Suandi mempresentasikan tiga materi data statistik, yaitu Penyusunan Data Pengembangan Kota Bontang, Data Analisis Pembangunan Manusia Kota Bontang, dan Data Analisis Pertumbuhan Ekonomi Kota Bontang.

PPID Kota Bontang