DKP3 Bontang Nyatakan 403 Hewan Kurban Lolos Pemeriksaan Ante Mortem

( Bontang, 09 Agustus 2018 ) – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang rutin melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban di Kota Bontang, sebelum dibeli masyarakat. ditemui di ruangannya, Gedung Praja, JL. Bessai Berinta, Kelurahan Bontang Lestari, Kepala Bidang Peternakan DKP3 Bontang, Amran menjelaskan, pemeriksaan kesehatan hewan yang dilakukan ada 2 jenis, yakni pemeriksaan Ante Mortem (fisik dan perilaku) dan pemeriksaan Post Mortem (organ dalam).

Ia menjelaskan, pemeriksaan Ante Mortem ini untuk memastikan bahwa bagian tubuh sapi tidak ada yang cacat, seperti jumlah testis, telinga, hidung, mata, kaki, ekor dan bulu. 

“Kita periksa cermin hidung basah (kering), lubang hidung ada leleran (tidak), mulut (gigi dan bau), mata (jernih, berair, merah), telinga (leleran atau tidak), bulu (kusam, korengan atau tidak), anus (diare atau tidak),” ungkapnya.

Lanjut dia, apabila hewan ternak dinyatakan sehat, pihaknya akan memberikan tulisan sehat kepada sapi dan surat keterangan sehat.

“Alhamdulillah 400 sapi dan 3 kambing yang kami periksa semuanya sehat,” tutupnya. 

Tim PPID Kota Bontang