Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Walikota Bontang Resmikan Gedung Baru Puskesmas Bontang Utara I dan Si Doi

(Bontang, 30 Juli 2018). Walikota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og hadir sekaligus meresmikan gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bontang Utara I dan melaunching Sistem Pendaftaran Pasien Online (Si Doi) Puskesmas Bontang Utara I, Senin (30/7) pagi.

Bertempat di halaman Puskesmas Bontang Utara I, peresmian tersebut  dihadiri Plt. Kadis Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) dr. bahauddin, MM, Camat Bontang Utara Zemmy Hasz, SE, Kepala Puskesmas Bontang Utara I, Kepala Puskesmas Bontang Lestari, Kepala Puskesmas Bontang Barat, unsur Forkopimda Kota Bontang, kader Puskesmas dan tamu undangan.

Ditemui usai peresmian, WaliKota Bontang yang akrab disapa Bunda Neni, menyampaikan bahwa peresmian ini merupakan implementasi visi dan misi Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

“Salah satu visi Pemerintah Kota Bontang yang tertuang dalam misi, adalah smart city yang salah satunya adalah pelayanan kesehatan, disamping pelayanan – pelayanan lainnya. Untuk memberikan pelayanan dan mengimplementasikan visi dan misi Pemerintah Kota Bontang, kita (Pemkot Bontang) memberikan pelayanan di Puskesmas Bontang Utara,” kata Bunda Neni saat diwawancarai.

Tak hanya itu, lanjutnya, pembangunan infrastruktur dan pelayanan tidak berhenti di Puskesmas Bontang Utara I saja, nanti pun di Puskesmas Bontang Lestari akan ditingkatkan menjadi Rumah Sakit (RS) tipe D Plus, untuk melayani masyarakat disekitar Kelurahan Bontang Lestari termasuk Santan Ilir, Santan Tengah, Kesrik, dan Marangkayu.

Sementara, dalam laporannya Plt. Kadis Kesehatan dan KB menjelaskan bahwa Sistem Pendaftaran Pasien Online (Si Doi) bertujuan memudahkan pasien untuk mendaftar tanpa harus mengantri, praktis, mudah, dan efesien. Ditambahkan pula, dengan diresmikan gedung baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang terintegrasi dengan program – program yang dimiliki Puskesmas Bontang Utara I.

Adapun gedung baru yang diresmikan meliputi Ruang Tata Usaha, Klinik Sanitasi, Poli P2M, Laboratorium, Poli KIA-KB, dan Ruang Laktasi.

Sebagai bahan informasi, tata urutan menggunakan aplikasi Si Doi ialah, (1) masuk kesitus sidoi.bontangkota.go.id; (2) registrasi (masukan nama, usernamepassword, dan nomor hp); (3) masuk kehalaman login, masukan username dan password; (4) setelah masuk ke halaman user, tambahkan data pasien; (5) setelah data pasien diinput, masuk kehalaman booking antrian pilih Puskesmas, pasien, jaminan kesehatan, poli dan tanggal lalu klik tambah, maka data anda telah berhasil diinputkan.

PPID Kota Bontang