Kembali Ukir Prestasi, Bontang Raih 3 Penghargaan KLA

(Bontang, 24 Juli 2018). Pemerintah Kota Bontang kembali mengukir prestasinya. Tidak tanggung-tanggung, tahun ini Kota Bontang mendapatkan 3 penghargaan sekaligus dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Proses yang panjang tentu melatarbelakangi suksesnya sebuah kota meraih prestasi. Terang saja, Pemkot Bontang melakukan berbagai usaha. Mulai dari koordinasi antara Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Dinas Kesehatan, menunjuk puskesmas yang memenuhi kriteria untuk mengikuti ajang KLA, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan PPID Kota Bontang menggelar sosialisasi bagi masyarakat terkait konten informasi layak anak, serta melibatkan seluruh dinas dan perusahaan lokal terkait pelatihan tenaga kesehatan dan berbagai tindakan preventif.

Malam penganugrahan Kota Layak Anak (KLA) yang bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional berlangsung dengan meriah. Bertempat di Dyandra Convention Center, Surabaya Senin (23/7/18), tampak hadir dalam acara tersebut seluruh Walikota dan Bupati se-Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Bontang Neni Moernaeni menerima secara langsung penghargaan Kota Layak Anak kategori Madya dan Puskesmas Ramah Anak, sedangkan untuk kategori Sekolah Ramah Anak diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak Provinsi Kaltim mewakili Gubernur Kaltim.

Dengan berbagai indikator penilaian pelayanan ramah anak, seperti tersedianya tenaga terlatih konvensi hak anak, media dan materi komunikasi informasi edukasi terkait kesehatan anak, ruang pelayanan konseling khusus bagi anak, ruang tunggu/bermain bagi anak, ruang dan pemberian ASI ekslusif, tanda kawasan tanpa rokok, sanitasi lingkungan, layanan anak penyandang disabilitas, pelayanan kesehatan reproduksi remaja, pelayanan kasus kekerasan terhadap anak, data anak yang memperoleh layanan kesehatan, pojok baca, dan kotak saran. Alhasil, penghargaan Puskesmas ramah anak berhasil diraih oleh Puskesmas Bontang Utara 2 Loktuan, sedangkan kategori sekolah ramah anak berhasil diraih oleh SMKN 2 Bontang.

Sebagai bahan informasi, penilaian dalam ajang kali ini dilakukan secara mandiri danĀ onlineĀ (berbasis web). Setelah itu, selanjutnya tim melakukan verifikasi berkas dan verifikasi lapangan.

Dengan diraihnya prestasi ini, tentunya menjadi bukti nyata kinerja Pemkot Bontang dalam upaya pemenuhan hak anak di Kota Bontang. Hal tersebut tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat Bontang dan pihak terkait. Semoga kedepannya, Kota Bontang dapat terus mengukir prestasi dalam ajang nasional lainnya.

PPID Kota Bontang