Pelatihan Program KOTAKU Sasar Lurah, Camat dan LKM

(Bontang, 31 Mei 2018). Pelatihan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menyasar kepada Lurah, Camat dan Lembaga Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Kota Bontang, dipilihnya Tiga kelompok sasaran ini terkait erat dengan indikator keberhasilan pelaksanaan kegiatan KOTAKU.

Kegiatan pelatihan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Bontang bersama Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bontang sebagai narasumber tersebut digelar di BPU Kecamatan Bontang Utara Jl. Awang Long No.6, Bontang Baru, Rabu (30/5) pagi.

Dilaksanakannya kegiatan tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Kota Bontang menjadi salah satu kota percontohan dalam pelaksanaan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).  Melalui program yang merupakan tindaklanjut dari PNPM Mandiri Perkotaan dan P2KKP.

Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan serangkaian kegiatan ditingkat Kabupaten/Kota dan tingkat Kelurahan/Desa secara sinergis dengan platform “Kolaborasi, yang diterjemahkan ke dalam dua kegiatan yaitu pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman, dilakukan melalui pendekatan partisipatif  yang mempertemukan perencanaan makro (top down) dan perencanaan mikro (bottom up) dengan mendudukkan masyarakat sebagai subyek pembangunan dan pengambil keputusan akhir bersama  pemerintah  daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

Diharapkan setelah pelatihan ini Lurah/LKM mampu menjelaskan dokumen RPLP (Rencana Penataan Lingkungan Perkotaan) yang disinergikan dengan RENSTRA Kota Bontang, dapat membangun kolaborasi untuk kegiatan penanganan kumuh dan mampu melakukan supervise kegiatan infrastruktur. Dihadiri oleh lurah dan LKM di lingkungan pemerintah Kota bontang diharapkan Kota Bontang dapat mewujudkan 100 saluran air bersih untuk masyarakt , 0 daerah kumuh dan 100 sanitasi yang sehat.

Kegiatan yang berlangsung dua hari hingga 31 Mei 2018, turut dihadiri oleh Perwakilan OPD di lingkungan pemerintah Kota bontang.

Sebagai bahan informasi, Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) adalah program pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh nasional yang merupakan penjabaran dari pelaksanaan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya tahun 2015 – 2019. Sasaran program ini adalah tercapainya pengentasan permukiman kumuh perkotaan menjadi 0 Ha melalui pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh seluas 38.431 Ha. Serta meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

PPID Kota Bontang