Apel Gelar Pasukan Patuh Mahakam 2018, Basri Himbau Patuhi Aturan dan Rambu Lalu Lintas

(Bontang, 26 April 2018). Wakil Walikota Bontang Basri Rase menghadiri Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan oleh Kepolisian Resort (Polres) Kota Bontang dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat Patuh Mahakam 2018, kamis (26/4) pagi.

Bertempat di SMAN 1 Bontang Jalan KH. Ahmad Dahlan, Bontang Baru, Apel Pasukan ini dipimpin oleh Kapolres Kota Bontang AKBP Siswanto Mukti, SIK, dan turut dihadiri oleh Perwakilan OPD Kota Bontang dan FKPD Kota Bontang, seluruh siswa dan siswi SMAN 1 sebagai peserta Apel.

Dalam amanat Kepala Korp Lalu Lintas Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M yang dibacakan oleh Kapolres Kota Bontang, menyampaikan bahwa Polri telah menetapkan kalender Operasi Patuh yang rutin dilaksanakan setiap menjelang hari raya Idul Fitri dan akan dilaksanakan selama 14 hari kedepan dimulai tanggal 26 april hingga 9 mei 2018 secara serentak diseluruh Indonesia dengan tujuan Operasi Patuh adalah meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas dijalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban lakalantas, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, terwujudnya situasi Kamseltibcarlantas menjelang Ramadhan.

Ditemui setelah Apel Pasukan, Bapak Kapolres menjelaskan bahwa pihaknya sengaja menggelar Apel Pasukan di sekolah, dikarenakan pelaku pelanggaran tertinggi diantaranya dilakukan oleh pelajar dan angkutan umum.

“Kebanyakan pelanggaran dilakukan oleh pelajar dan angkutan – angkutan umum, sehingga kami biar gaungnya lebih terasa operasi patuh dilaksanakan disekolah – sekolah maupun terminal,” ungkap Siswanto

“Target kami, menurunkan pelanggaran dan menurunkan angka kecelakaan yang menimbulkan korban fatal. Selama ini kecelakaan sudah banyak memakan korban jiwa karena pembunuh terbesar di Indonesia saat ini adalah kendaraan bermotor,” tambahnya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Walikota menyampaikan bahwa Pemerintah mendukung penuh apa yang dilaksanakan Kapolres beserta jajarannya agar masyarakat sadar, tertib dan patuh terhadap aturan berlalu lintas seta menjadi pelopor keselamatan di jalan raya.

“ketika kita semua tertib lalu lintas, Inshaa Allah akan aman saat berkendara karena kita bukan penguasa jalan, kita hanya bagian dari pengguna jalan,” jelas Basri.

“Saya menghimbau kepada seluruh anak – anak sekolah untuk mematuhi peraturan dan rambu – rambu lalu lintas, jadilah pelopor keselamatan ketertiban berkendara dijalan karena masih banyak hal – hal yang ingin kalian capai semua, begitu pun kepada angkutan umum,” himbaunya.

PPID Kota Bontang