Waspada Bahaya Penyakit, Dinkes Gelar Penyusunan Dokumen Kebijakan Rencana Kontinjensi Penanggulangan KKM

(Bontang 12 April 2018). Setiap daerah memiliki resiko kedaruratan kesehatan masyarakat yang berbeda-beda. Seperti yang kita ketahui, saat ini semakin banyak penyakit yang berpotensi menimbulkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) diantaranya penyakit yang menjadi perhatian dunia seperti HIV, ebola, SARS, Mercov, flu Arab dan penyakit endemis seperti DBD, diare, malaria, TB, Difteri dan masih banyak lainnya.

Maraknya penyebaran berbagai macam penyakit tersebut di lingkungan masyarakat, membuat pemerintah semakin sigap menanggulangi dan meminimalisir dampak bahaya tersebut. Hal ini terbukti melalui digelarnya kegiatan penyusunan dokumen kebijakan kesiapsiagaan terhadap kesehatan masyarakat berupa rencana kontinjensi penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat  pada Rabu (11/4/18).

Berlangsung selama 2 hari, kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Kerja bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bontang tersebut digelar dalam rangka membangun kapasitas nasional dalam merespon dan menanggulangi ancaman penyebaran Emergency Infectious Diseases atau ancaman lainnya yang dapat menimbulkan terjadinya masalah darurat kesehatan masyarakat.

Terkait penyelenggaraan penanggulangan KKM di suatu wilayah, tentu dapat berjalan lancar untuk mencapai tujuan serta sasaran yang diharapkan dengan adanya rencana dokumen kontinjensi. Dokumen tersebut akan mengatur penyelenggaraan kegiatan dimaksud yang meliputi perencanaan, persiapan dan ketentuan pelaksanaan serta evaluasi. Dokumen kontijensi yang telah dibentuk nantinya akan menjadi acuan bagi semua pihak jika suatu saat terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Selain itu, tersedianya instrumen kesiapsiagaan, deteksi dini dan respon cepat juga menjadi hal penting dalam menghadapi kemungkinan terjadinya Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

Bertempat di Hotel Bintang Sintuk, acara dibuka oleh Plt. Kadis Kesehatan dr. Bahaudin selaku perwakilan Walikota Bontang dan dihadiri oleh seluruh kepala OPD, Camat, Lurah, FKPD, perwakilan perusahaan-perusahaan dan organisasi di Kota Bontang.

PPID Kota Bontang