Kelurahan Berbas tengah Masuk Nominasi Lomba PHBS Nasional 2018, Basri : Membanggakan!

(Bontang, 12 April 2018).Membanggakan, itulah kata yang diucap orang nomor dua di Pemerintahan Kota Bontang Basri Rase dalam sambutannya pada acara Penyambutan Tim Verifikasi Penilai Lomba Prilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) Tingkat Nasional 2018 di Kelurahan Berbas Tengah, Kamis (12/4) pagi.

Basri menerangkan, bahwa ini menjadi sesuatu yang luar biasa karena warga Kelurahan Berbas Tengah dapat bersatu dan solid mendukung serta menjalankan program indikator PHBS dengan baik, pasalnya wilayah kelurahan Berbas Tengah merupakan wilayah yang terluas dibanding Kelurahan lainnya diikuti jumlah populasi terpadat dengan suku dan agama yang berbeda namun masyarakatnya sangat kompak satu sama lain dalam menjaga dan memelihara perilaku hidup bersih dan sehat dilingkungannya sekitarnya,

“Mudah – mudahan Bapak Camat juga memberikan semangat kepada Lurah – Lurah lainnya agar bisa mengikuti yang dilakukan oleh Kelurahan Berebas Tengah, bukan hanya jumat bersih tapi juga ditambah dengan hari dan tema lainnya,” harap Basri.
Dikesempatan yang sama, Lurah Berbas Tengah H. Usman HM, ST, M.Si menjelaskan program inovatif PHBS sudah menjadi kegiatan rutin di bawah kepemimpinannya, bahkan jauh sebelum Tim Verifikasi Penilai Lomba PHBS Nasional mengunjungi Kelurahan Berbas Tengah diantaranya adalah kegiatan jumat bersih dan kamis indah.

Usman menambahkan, terdapat sepuluh Indikator PHBS di kelurahan Berbas Tengah yaitu Persalinan oleh Nakes, Penimbangan Balita, Memakai Air Bersih, Cuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir, Jamban Sehat, Makan Sayur dan Buah Setiap Hari, Aktivitas Fisik, Membasmi Jentik Nyamuk, Tidak Merokok Dalam Rumah.
Tak hanya itu, Usman mengajak Tim Verifikasi Penilai Lomba PHBS Tingkat Nasional untuk berkeliling dan melihat secara langsung sarana dan prasarana penunjang PHBS di Kelurahan Berbas Tengah.

Selaras dengan ajakan Lurah Berbas tengah, dr. Endang, M.Kes sebagai perwakilan Tim Verifikasi Penilai Lomba PHBS Tingkat Nasional, menjelaskan kedatangannya tidak hanya penilaian tapi juga melakukan pengecekan dan memberikan pembinaan baik teknis maupun non teknis.

“Jumat bersih dan kamis indah diharapkan dapat berjalan terus, tidak hanya karena ikut serta dalam lomba tapi terus – menerus dilakukan,”  harap Endang.

“Alhamdulillah Kota Bontang masuk menjadi nominasi dan itu luar biasa. Yang jelas penentuan pemenang pada awal juli dan akan di undang pada hari Keluarga Nasional di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara,”  tutupnya

Acara Penyambutan Tim Verifikasi Penilai Lomba PHBS Tingkat Nasional turut dihadiri Plt. Kadis Kesehatan dr. Bahauddin, MM, Kadis Sosial P2PM Drs. H. Abdu Sapa Muha, Camat Bontang Selatan Drs. Asdar, M.Si, Ketua PKK Kota Bontang Hafida Basri Rase, Perwakilan OPD Kota Bontag, FKPD Kota Bontang, Tim Penilai Verifikasi Penilai Lomba PHBS Tingkat Nasional dr. Endang, M.Kes, drg. Widya darini, M.Kes, Perwakilan PKK Prov. Kaltim, Perwakilan Dinas Kesehatan Prov. Kaltim

 PPID Kota Bontang