Kembangkan Potensi Batik Kota Bontang, DKUKMP Gelar Pelatihan Batik

(Bontang, 20 Maret 2018). “Pelatihan ini sangat bagus untuk mengembangkan keahlian ibu-ibu di Kota Bontang dalam membatik. Dengan membatik, hasilnya nanti dapat dijadikan sumber penghasilan untuk meningkatkan taraf ekonomi ibu-ibu rumah tangga,” tutur Kadis DKUKMP, Karlina pada pelatihan batik, Senin (19/3/18) kemarin.

Digelar di Rumah Batik Etam, kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Bontang Neni Moernaeni, Ketua PKK Kota Bontang Hapidah, Kadis DKUKMP Karlina dan seluruh peserta pelatihan batik yang terdiri dari ibu PKK se-Kota Bontang, PIKA PKT dan beberapa masyarakat umum.

Sementara itu, dalam sambutannya Walikota Neni mengharapkan agar pelatihan tersebut dapat menjadi gerakan ekonomi kreatif dibawah naungan DKUKMP sebagai salah satu dinas pengembangan ekonomi mikro, sehingga dapat berkembang sampai kelapisan masyarakat paling bawah baik di RT, Kelurahan maupun Kecamatan.

“Menggerakkan ekonomi kreatif menjadi salah satu program pemerintah Kota Bontang untuk mengentaskan kemiskinan. Nah, kegiatan ini adalah salah satunya untuk mengembangkan kapasitas diri kita dalam hal membatik,” ungkap Neni.

“Terima kasih untuk semangat dan antusias ibu-ibu semua pada hari ini. Semoga melalui adanya pelatihan batik ini dapat menjadi modal bagi ibu-ibu semua untuk membangun potensi ekonomi rumah tangga dan memperkenalkan keunikan Batik Kota Bontang ,” tutupnya.

Sebagai bahan informasi, pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bontang.

PPID Kota Bontang