Wawali Buka Seleksi Calon Paskibraka ( Basri: Saya Harap Ada yang Lolos ke Tingkat Nasional )

(Bontang, 12 Maret 2018)  Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase membuka acara Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Bontang Tahun 2018 di Gedung Graha Pemuda, Senin (12/3) kemarin. Seleksi ini diikuti oleh 24 SLTA di Kota Taman dengan jumlah peserta sebanyak 296 siswa. Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan mulai dari persiapan, penjaringan calon dari sekolah tingkat SLTA, selanjutnya mengikuti berbagai tes seperti tes pengetahuan umum, wawancara, parade, PBB,  Kesemaptaan, kesehatan serta pantukhir.

Proses seleksi yang cukup panjang ini pada dasarnya adalah untuk menyaring dan memilih anggota Paskibraka yang handal dan mampu menjalankan tugas sebagai pasukan pengibar bendera dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2018 mendatang. Jika lolos seleksi, pada diri peserta akan ditanamkan nilai-nilai kedisiplinan, nasionalisme dan patriotisme sehingga generasi muda mampu menerima estafet kepemimpinan.

Turut hadir menyaksikan, yaitu Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Faisal, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Bontang Arif, Forkopimda Kota Bontang serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bontang.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Bontang, Bambang Cipto Mulyono menjelaskan bahwa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pemerintah memberikan wewenang kepada sekolah untuk mengirimkan siswa-siswi terbaik untuk mewakili sekolahnya. Belajar dari kejadian tahun lalu, kata Bambang dinas yang dipimpinnya sempat kewalahan karena jumlah yang mendaftar membludak. Oleh karena itu, tahun ini penjaringan awal diserahkan kepada sekolah.

“Tahun lalu yang mendaftar ke kami ada 1.500 peserta. Kami sempat kewalahan dalam proses verifikasi. Sehingga tahun ini kami memberikan kesempatan bagi sekolah untuk mengirimkan siswa-siswi terbaik. Kan sekolah yang lebih tahu attitude, prestasinya dan lain-lain. Tiap sekolah mengirimkan 15-20 kemudian kami verifikasi,” jelas Bambang.

Kemudian ia melanjutkan setelah diverifikasi dari tinggi, berat badan dan postur ideal tersaring jumlah calon peserta yang bisa mengikuti sebanyak 82 siswa putra dan 89 siswa putri. Selanjutnya dari jumlah tersebut akan diseleksi sesuai tahapan, pasukan inti sebanyak 41 orang yang akan bertugas di Kota Bontang dan 4 siswa bertugas di Provinsi Kalimantan Timur atau bahkan bisa bersaing di Tingkat Nasional.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase menuturkan pesannya agar Dispopar  benar-benar selektif dalam penyeleksian calon Paskibraka Kota Bontang Tahun 2018. Tak hanya itu, ia juga berharap siswa-siswi Kota Bontang mampu mengharumkan Kota Taman dengan menjadi pengibar sang saka merah putih di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

“Saya harap adik-adik semua bisa mengikuti proses seleksi ini dengan serius dan mempersiapkan mental, fisik dan kesehatan selama seleksi berlangsung. Saya harap akan ada yang mampu menjadi pengibar sang saka merah putih terbaik, ketika ditugaskan di tingkat Provinsi bahkan tingkat Nasional dengan tampil enerjik dan unggul dari yang lain. Mudah-mudahan bisa menjadi kenyataan karena hal tersebut akan mengharumkan kota yang kita cintai ini,” harap Basri. (hms8)