Garap Statistik Sektoral, Diskominfotik Bekerjasama dengan BPS

(Bontang, 09 Maret 2018) Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 terkait dengan perangkat daerah, maka kewenangan di bidang statistik terutama di bidang statistik sektoral menjadi tugas pokok dan fungsi dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) di Kabupaten kota.

Untuk melengkapi data statistik sektoral, mulai tahun 2018 ini Diskominfotik bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) kota Bontang. Harapannya, adanya kerjasama ini akan mendapatkan hasil maksimal dalam hal data-data statistik sektoral, karena data-data tersebut akan sangat berguna untuk pemerintah kota Bontang dalam melakukan perencanaan dan pembangunan di kota Bontang.

Dengan rujukan Peraturan Pemerintah (PP) 51 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik pasal 11 ayat 1, di mana BPS merupakan penyelengara statistik dasar sementara pasal 12 berisikan tentang instansi pemerintah penyelenggara statistik sektoral termasuk kementrian dan OPD.

Untuk melancarkan rencana tersebut, Rabu (7/3) kemarin Kepala Diskominfotik Dasuki menemui Kepala BPS kota Bontang Basiran Suwandi di kantor BPS Bontang. Bentuk kerjasama yang dilakukan adalah swakelola tim, dimana BPS ikut serta sebagai anggota tim dari Diskominfotik.

Dasuki menjelaskan, bekerjasama dengan BPS maka survey untuk mendapatkan data statistik sektoral bisa lebih cepat. Sehingga nantinya pemerintah dapat dengan mudah mengeluarkan data sektoral tersebut secara periodik.

“Diskominfotik memerlukan data Statistik Sektoral untuk memberikan percepatan pemberian informasi kepada masyarakat, sehingga informasi tersebut bisa diakses oleh masyarakat secara on time di media online yang dimiliki Pemkot Bontang dan Diskominfotik. Dari situ diharapkan masyarakat bisa tau tentang tren data dan indikator apa saja yang dapat memajukan pembangunan. Data tersebut juga bisa digunakan oleh (Bapelitbang) untuk menyusun perencanaan pembangunan 5 tahun ke depan,” jelasnya. (*/rdy/adv)

PPID Kota Bontang