Disdukcapil Kota Bontang Serahkan KTP Sementara Kepada Warga Binaan Lapas Kelas III Kota Bontang

(Bontang, 8 Maret 2018). Setelah melakukan kegiatan jemput bola perekaman data KTP elektronik di Lapas Kelas III Bontang pada Tanggal 27 Februari 2018, tim Disdukcapil Kota Bontang yang dipimpin Kadisdukcapil Yuliatinur menyerahkan sebanyak 174 Surat Keterangan (KTP Sementara) kepada warga binaan Lapas Kelas III Kota Bontang, pada Senin (5/3).

Sebagai informasi, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memenuhi hak kepemilikian dokumen kependudukan warga lapas. Diharapkan dengan adanya dokumen kependudukan, disdukcapil mempunyai data yang lebih tertib dan akurat. Selain itu, data kependudukan tersebut digunakan untuk mempersiapkan KTP elektronik warga lapas agar dapat menggunakan hak pilih pada Pemilihan Gubernur 2018 dan Pemilu 2019.

Yuli mengatakan bahwa Disdukcapil akan melakukan perekaman KTP dengan sistim jemput bola di sekolah-sekolah untuk penduduk usia pemula,  daerah pesisir, pulau terpencil, maupun bagi warga jompo atau sakit, dan warga binaan lapas. “Langkah-langkah tersebut kami lakukan untuk mengejar target 100 % perekaman tuntas sebelum Pemilu 2019,” ujarnya.

Sementara itu, Kalapas Bontang yang di wakili oleh Agus Salim selaku Kepala Admisi Orientasi sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bontang, dalam hal ini Disdukcapil Kota Bontang yang telah berpartisipasi aktif memenuhi dokumen kependudukan bagi warga binaan Lapas Kelas III Kota Bontang. Karena warga binaan lapas mempunyai hak yang sama dalam hal kepemilikan dokumen kependudukan. “Walaupun KTP yang diterima warga bersifat sementara, tetapi sangat membantu pihak Lapas dalam pengurusan asuransi kesehatan, karena tidak menutup kemungkinan terdapat warga binaan Lapas yang jatuh sakit dan harus dirujuk ke Rumah Sakit ,” terang Agus.

Lebih lanjut Agus menyampaikan KTP elektronik ini nantinya akan digunakan sebagai syarat warga binaan dalam Pilgub Juni mendatang, karena 2 TPS akan di tempatkan dalam Lapas Kelas III Kota Bontang.

PPID Kota Bontang