Bontang Siap Jadi Tuan Rumah HUT Damkar Tingkat Provinsi

(Bontang, 08 maret 2018) Setiap kali terjadi kebakaran, para petugas pemadam kebakaran (damkar) selalu berada di barisan terdepan untuk memadamkan api yang berkobar. Tingginya resiko kerja saat melaksanakan tugas menjadi konsekwensi yang harus siap dihadapi, sebagai bentuk dedikasi kerja untuk menyelamatkan nyawa atau properti dari kobaran api.

Dengan semboyan ”Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walau Nyawa Taruhannya” ini tentu memerlukan pengorbanan yang besar. Untuk itu, setiap tanggal 1 maret didedikasikan untuk memperingati Hari Pemadam Kebakaran Nasional, tahun ini Kota Bontang dipercaya menjadi tuan rumah HUT Damkar tingkat provinsi Kaltim.

  Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bontang, Ahmad Yani mengatakan tahun ini merupakan pertama kalinya HUT Damkar tingkat Provinsi Kaltim digelar diluar Ibu Kota Provinsi dan Bontang mendapat kehormatan untuk jadi tuan rumah.

“Kegiatan-kegiatan akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni pada tanggal 25 hingga 27 maret,” kata Ahmad Yani saat rapat persiapan HUT Ke-99 di Auditorium 3D. Kamis (8/3) pagi.

  Persiapan HUT Damkar pun disusun dengan melibatkan lintas sektor OPD, serta turut melibatkan swasta dalam hal ini Perusahan-perusahan besar di Kota Bontang (LNG dan Pupuk Kaltim) yang memiliki satuan Damkar yang terbilang mumpuni baik dari sisi porsenil maupun peralatan. 

Nantinya, acara akan berlangsung meriah dengan 4 (empat) rangkaian kegiatan. Yakni, diawali kegitan Diskusi dan ramah tamah dengan menghadirkan pembicara-pembicara nasional. Dengan tema peningkatan peran Institusi Pemadam Kebakaran. 

Dilanjutkan dengan lomba ketangkasan petugas pemadam kebakaran. Yang diikuti oleh satgas pemadam kebakaran dan relawan kebakaran dari Kabupaten Kota se Kalimantan Timur. Serta nantinya akan ada pameran perlengkapan dan peralatan pemadam kebakaran. Yang di ikuti oleh supleir/distributor pengusaha alat pemadam ternama. Puncaknya ditutup dengan Upacara HUT pada tanggal 27 maret.  Kegiatan akan dipusatkan di Stadion Taman Prestasi.

“Segala persiapan terus dilakukan dengan membentuk kepanitian bersama dengan melibatkan OPD, TNI, Polri, Satun Damkar PT. Pupuk Kaltim dan PT. LNG. Saya berharap semua kegiatan dapat berjalan dengan sukses,” tandasnya. (Yudi)