Finalisasi RTRW Periode 2012 – 2023

(Bontang, 10 Februari 2018). Pemerintah Kota Bontang kembali menorehkan  tinta emas yaitu finalisasi RTRW Kota Bontang  periode 2012 -2023 pada  hari Jumat, 9 Februari 2018 di ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah.

Rapat finalisasi RTRW dihadiri oleh perwakilan dari PT. Pupuk Kalimantan Timur, PT. Badak LNG, manajemen Hotel Sintuk, beberapa Kepala Perangkat Daerah, camat, dan tim teknis BKPRD. Rapat ini di pimpin langsung oleh walikota Neni Moerniaeni.

Dalam laporannya, kepala Bapelitbang Zulkifli  selaku ketua panitia menyampaikan bahwa revisi RTRW merupakan suatu keharusan yang dilakukan Pemerintah Kota Bontang. Hal ini sesuai dengan PP no 15 tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang yang mengamanahkan agar melakukan peninjauan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) setiap 5 tahun sekali.

Lebih lanjut zulkifli menjelaskan bahwa setelah peninjauan, ada dua tahapan yang perlu dilakukan yaitu pertama amandemen terhadap RTRW Kota Bontang dan kedua menyusun Raperda RTRW. Dengan tahapan ini, diperlukan kajian dan konsultasi publik yang melibatkan seluruh stakeholder . Hasil kajian dan konsultasi publik tersebut akan disampaikan kepada Gubernur Kaltim untuk mendapatkan persetujuan substansi yang memerlukan waktu kurang lebih 2 bulan. Selain itu, tim teknis juga telah berkoordinasi dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dan melakukan perbaikan peta RTRW.

Sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap revisi RTRW, juga dibentuk pansus revisi RTRW di DPRD untuk pembahasan Raperda RTRW. Tentunya finalisasi RTRW Kota Bontang memerlukan kerja sama seluruh pihak terkait, mengingat dalam prosesnya membutuhkan beberapa tahapan dan persetujuan dari tingkat walikota, gubernur hingga di kementrian. Disamping itu, dibutuhkan 14 dokumen yang ditetapkan oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang untuk mendapatkan persetujuan gubernur. Dokumen – dokumen tersebut antara lain peta RTRW, pembangunan Pertamina, reklamasi pantai, perlindungan lahan pertanian berkelanjutan dan dokumen lainnya.

Dengan ditetapkannya RTRW Kota Bontang, diharapkan  Pemerintah Kota Bontang dapat menumbuhkan perekonomian yang berkelanjutan untuk peningkatan PAD dan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Bontang.

PPID Kota Bontang