Pemkot Gandeng Pertamina Dalam Pembangunan Kilang Bontang (Walikota : Kami Siapkan Dua Perda Terkait Kesiapan Lahan)

(Bontang, 2 Februari 2018). Pemerintah Kota Bontang bekerja sama dengan PT. Pertamina menggelar audiensi terkait pembangunan kilang di Kota Bontang (Grass Root Refinery) pada Kamis (1/1/18).

Bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang, audiensi tersebut dihadiri oleh Walikota Bontang Neni Moernaeni, Direktur Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ardhy N Mokobombang, Perwakilan PT Pertamina Iganasius Tanulembang, Ketua TP4D, jajaran managemen PT.Badak NGL, pejabat eselon di lingkungan pemkot Bontang beserta seluruh peserta audiensi lainnya.

Dalam kesempatan audiensi tersebut, Walikota Bontang menuturkan bahwa pihaknya mendukung penuh pembangunan kilang Bontang.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh rencana pembangunan kilang di Kota Bontang. Saya juga berharap Pertamina dapat memberikan yang terbaik dan selaras dengan visi misi Kota Bontang,” tutur Neni.

“Selain itu, sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kota Bontang terhadap pembangunan kilang, tengah dipersiapkan dua Perda yakni Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) terkait kesiapan lahan pembangunan kilang,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ardhy N Mokobombang menyampaikan bahwa nantinya proyek pembangunan ini diperkirakan akan rampung pada tahun 2025.

“Untuk peletakan batu pertama rencananya akan dilakukan oleh Presiden Jokowi dan proyek pembangunan diperkirakan akan rampung pada tahun 2025. Tentunya hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” sahut Ardhy.

“Rencananya pembangunan kilang ini akan menyerap dana senilai 130 Milyar dan membutuhkan kurang lebih 20.000 tenaga kerja. Kami pun akan bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) untuk memberikan pelatihan bagi tenaga kerja sehingga mereka dapat memiliki kemampuan dan bersertifikasi,” sambungnya.

Tentunya semua pihak berharap agar melalui pembangunan kilang ini, Kota Bontang dapat semakin bertumbuh kearah positif sebagai kota industri yang ramah lingkungan dan menjadi kebanggan nasional.

 

PPID Kota Bontang