Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang Sambut Kunjungan Kerja Dinas Kominfo Kota Samarinda

(Bontang, 21 Maret 2017). Prestasi Pemerintah Kota Bontang di bidang Keterbukaan Informasi Publik menjadi daya tarik tersendiri bagi Dinas Kominfo Kota Samarinda. Hal ini terbukti lewat kunjungan kerja Dinas Kominfo Kota Samarinda ke Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang pada Senin (20/3) kemarin.

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang, kunjungan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi PPID Kota Samarinda Helmi Arpan tersebut disambut dan sangat diapresiasi oleh Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang, Dasuki beserta jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan PPID Kota Samarinda Zulkifli menanyakan beberapa hal mengenai pengelolaan PPID di Kota Bontang agar nantinya dapat menjadi referensi bagi PPID Kota Samarinda.

“Samarinda akan membangun Smart City dan Smart Government yang pastinya terintegrasi dengan Kominfo Samarinda. Untuk mewujudkan kedua hal tersebut, tentunya diperlukan peran PPID didalamnya. Nah, kami ingin mengetahui bagaimana sistem kerja dan uji konsekuensi PPID di Kota Bontang agar dapat kami terapkan di PPID Samarinda,” terang Zulkifli.

Menjawab pertanyaan tersebut, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang Dasuki menjelaskan bahwa PPID Kota Bontang telah membuat front desk khusus pelayanan informasi, tim peliputan dan pembuatan berita, SOP, visi dan misi serta klasifikasi jenis informasi yang ditampilkan pada e-arsip di website PPID.

Menambahkan penjelasan Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang Drs. Dasuki, Staf PPID Mamik Setyawati mengatakan uji konsekuensi telah dilaksanakan khusus untuk informasi yang di kecualikan.

“Mohon ijin Bapak Kepala Dinas, terkait uji konsekuensi, kami telah melaksanakannya di masing-masing OPD sesuai dengan SOP uji konsekuensi. Setelah itu hasilnya kami kumpulkan dan dipublikasi,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, staf Seksi Pelayanan Informasi dan PPID Kota Samarinda Dady Kreshna menanyakan perihal aspirasi publik di Kota Bontang.

“Kami juga ingin menanyakan apakah di Bontang sudah memiliki aspirasi publik bagi masyarakat dan seperti apa bentuknya,” tanya Kreshna.

Menjawab pertanyaan tersebut, Kasi Aplikasi, Teknologi Informasi dan Persandian Kota Bontang Wahyu Hermawan menuturkan bahwa Kota Bontang telah memiliki aspirasi publik berupa konten form informasi yang terdapat di website PPID Kota Bontang.

Sebagai informasi, Dinas Kominfo Kota Samarinda merupakan OPD yang baru dibentuk sama seperti Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang. Sebagai OPD baru, tentunya pertemuan ini menjadi ajang silahturahmi sekaligus menjadi kesempatan untuk saling tukar menukar ilmu serta pengalaman dalam pengelolaan informasi. Pertemuan tersebut diakhiri dengan foto bersama.

PPID Kota Bontang